Jenis Ikan Yang Baik Untuk Anak

News

Jenis Ikan Yang Baik Untuk Anak & Kandungan Manfaat Ikan Bagi Anak. Penting Diketahui Kebaikan Kandungan dan Jenis Ikan Yang Baik Untuk Tumbuh Kembang Anak!

Jenis Ikan Yang Baik Untuk Anak

Menurut US Food And Drug Administration (FDA) dan Environmental Protection Agency (EPA), kebanyakan ikan memang mengandung metil merkuri, jenis merkuri yang bisa meracuni otak dalam jumlah besar. Ikan-ikan besar yang usianya panjang cenderung memiliki kadar kontaminasi terbesar. Itu sebabnya FDA menyebut ikan hiu, tilefish, ikan todak, dan tenggiri raja, sebagai ikan yang perlu dihindari.

Di luar itu, ada beberapa jenis ikan dengan jumlah merkuri yang lebih sedikit, dan aman dikonsumsi anak-anak dan ibu hamil.

Makanan laut dan ikan yang aman dikonsumsi anak-anak karena kadar merkurinya terendah antara lain salmon, ikan nila, ikan kod, ikan gabus, ikan sebelah (flounder), lele, kerang, tiram, udang, dan kerang simping.

Baca Juga:
Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan
Sejarah Pengobatan Habbatussauda Yang Dianjurkan Agama Islam
Produk Habbatussauda Standar BPOM

Sedangkan ikan tuna kalengan dan ikan cakalang boleh dikonsumsi sesekali karena kadar merkurinya tergolong sedang. Jenis tuna albacore dan ikan tuna ringan (yang biasanya dikalengkan) mengandung merkuri yang tinggi, sehingga tidak disarankan untuk anak-anak. Kalaupun ingin memberikannya untuk anak, batasi konsumsinya hingga separuhnya saja.

Menurut FDA, anak-anak sebaiknya makan ikan dua sampai tiga kali seminggu, dengan porsi lebih sedikit daripada orang dewasa. Anak-anak di bawah 6 tahun disarankan mengonsumsi 85-140 gram ikan seminggu. Anak-anak di bawah 8 tahun mengonsumsi 110-170 gram seminggu, dan anak di bawah 9 tahun bisa makan 225-340 gram seminggu.

Tetapi, jumlah asupan ikan yang disarankan ini berbeda untuk jenis ikan air tawar yang ditangkap di sungai, danau, persawahan, empang (atau tempat-tempat budidaya ikan), atau saluran irigasi. Contohnya ikan nila, gabus, mas, gurame, mujair, lele, sepat, belut, dan lain sebagainya. Untuk ikan air tawar, anak-anak di bawah 6 tahun disarankan makan 28-55 gram saja seminggu, dan anak-anak yang lebih besar hanya 55-85 gram seminggu. Dan, tidak usah memberikan jenis ikan lain di minggu yang sama. Namun, pastikan anak tidak memiliki riwayat alergi terhadap makanan tersebut. Tubuh anak pun semakin sehat.

Kandungan Manfaat Ikan Bagi Anak

Berikut ini adalah manfaat konsumsi ikan pada anak. Yuk, simak penjelasannya dari vemale di bawah ini.

  • Studi dalam jurnal Pediatrics tahun 2003 menyebutkan jika ibu yang sedanng mengandung dan rutin mengonsumsi ikan akan membantu meningkatkan kecerdasan pada anak.
  • Dengan rutin mengonsumsi ikan maka anak akan lebih fokus dan sehat.
  • Kandungan DHA telah terbukti menjaga kesehatan mata pada anak. Penglihatan anak akan lebih jernih. DHA yang terkandung pada ikan akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh pada anak. Sistim imun pada anak pun meningkat sehingga anak tidak mudah sakit.
  • Menurut sebuah studi di Swedia, Omega-3 pada ikan dapat mengurangi peradangan di seluruh bagian tubuh, termasuk kulit.

Nah Itu dia informasi jenis ikan yang baik untuk Anak & kandungan manfaat ikan bagi Anak, Semoga Artikel ini bermanfaat dan senantiasa bunda memberi asupan cukup untuk tumbuh kembang Anak yang diantranya memberikan menu ikan yang baik dan cocok untuk Anak Anda. Jika tidak nanti Ibu Mentri Susi bisa TENGGELAMKAN Bunda, hehe….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *